2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia

cara translate subtitle

Pelajari cara mengubah (Translate) Subtitle Inggris ke Indonesia di Android untuk semua film atau video lainnya dengan mudah dan efektif.

JejakTerkini - Menonton film adalah suatu bentuk hiburan yang menyenangkan, dan hampir semua orang mereka sangat menyukainya.


Sekarang, orang-orang tidak perlu lagi harus pergi ke bioskop atau membeli kaset DVD hanya untuk menikmati film favorit atau terbaru.

Hanya bermodal HP Android itu sudah cukup memuaskan, meskipun banyak keterbatasan seperti layar agak kecil. Namun, setidaknya mereka tidak mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Di dunia internet, ada banyak website yang menyediakan beragam film Hollywood, Blockbuster, Drakor, Bolywood, sampai anime Jepang secara gratis.

Sehingga, Kita tidak dituntut harus berlangganan untuk dapat menikmati paket premium atau diwajibkan registrasi agar menjadi member terlebih dahulu.

Artinya, hanya dengan beberapa klikan mudah, maka film apapun sudah bisa mendarat di Smartphone dan kita bisa menontonnya dalam mode offline.

Sedangkan, semua situs penyedia film lokal biasanya sudah memasukkan subtitle ke dalam video (Hardsub) agar kita tidak perlu lagi untuk mengunduhnya secara terpisah.

Apa itu Subtitle?

Intinya, ini adalah teks terjemahan yang akan membantu kita dalam memahami isi dialog dari video asing apapun yang sedang kita tonton.

Akan tetapi, bagaimana dengan Anda yang suka mengunduh video di situs asing yang belum ada teks Indonesianya.

Hal ini, tentu saja harus mengeluarkan energi tambahan untuk mencari teks, menterjemahkan, kemudian menggabungkannya ke dalam video.

Namun bagi sebagian orang, ini jauh lebih efektif, karena masalahnya video hardsub terkadang ada beberapa yang tidak sinkron, ngaco, berantakan, atau timing tidak pas.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia itu? Nah, jika Anda belum mengetahui cara melakukannya, maka ikuti terus laman ini untuk segera mendapat jawabannya.

Alasan Translate Subtitle Sendiri

Selain beberapa faktor diatas, mungkin ada beberapa alasan lain mengapa seseorang memutuskan untuk menterjemahkan teks mereka sendiri ke video, diantaranya sebagai berikut:

Pertama, Sobat mungkin bukan yang terbaik dalam menafsirkan bahasa atau bukan sesuatu yang kamu kuasai. Sehingga, dengan menterjemahkan bahasa sendiri akan menambah lebih banyak manfaat bagi Anda.

Kedua, di video hardsub mungkin ada kata-kata yang tidak kamu kenali atau kontek tidak jelas, seperti bahasa kekinian dan gaul, sehinga membuat Anda merasa kurang nymanan.

Ketiga, tidak semua film tersedia dalam sub Indo dan Khusus film keluaran terbaru biasanya hanya menyediakan bahasa asing. Jadi, Sobat perlu mengonvert terlebih dahulu sebelum menontonnya.

2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia Secara Otomatis

Di postingan ini, Penulis mencoba menunjukkan tentang bagaimana menterjemahkan teks asing ke lokal dengan mudah dan efektif kepada Anda.

Dengan kata lain, Sobat tidak perlu melakukannya secara manual, karena itu sudah jelas akan menyita waktu sekaligus pikiran Anda.

Konsep berikut dapat langsung kalian praktikan melalui HP Android kesayangan Anda, tapi dengan syarat dan dukungan sebagai berikut:

Syarat dan Dukungan

● Sobat perlu mempersiapkan file teks dalam format SRT, SUB, atau ASS agar dapat terbaca oleh mesin pemutar video.

Dan, biasanya pengguna mencarinya disini: SubScene atau bisa juga kesini: OpenSubtitle.

● Terinstall aplikasi video player yang mendukung menambahan teks bahasa seperti MX Player, VLC, atau sejenisnya.

Namun, jika perangkat Anda telah mendukung fitur add teks to media player default, maka kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi dari sumber ketiga tersebut.

Kini, simaklah tutorial lengkap cara menterjemahkan subtile Inggris ke Indonesia dibawah ini.

1. Menggunakan SubtitlesTranslator

Ini adalah situs web online gratis yang dapat mengubah teks ke dalam 80 bahasa berbeda, dan dia kompatibel dengan berbagai format file termasuk SRT, VTT, STL, SBV, SUB, dan ASS.

Selain itu, kita juga bisa memasukkan hingga 20 file hanya dalam beberapa sentuhan mudah, cepat, dan otomatis.

Editor ini didukung oleh layanan Google translate yang mampu membuat terjemahan dengan sangat baik dan sempurna.

Pelajarilah bagaimana cara konversi subtitle secara singkat langkah demi langkah berikut:

1. Kunjungi SubtilesTranslator dan ketuk tombol "UPLOAD."

Kemudian, masukkan file yang ingin Anda konvert dan tekan "NEXT."

subtitletraslator1

2. Di halaman selanjutnya, klik opsi bahasa terjemahan "Pilih Bahasa Indonesia."

subtitletraslator2

3. Gulir kebawah & tekan tombol "TRANSLATE," lalu pencet opsi "ACCEPT" untuk melanjutkan atau "CANCEL" buat membatalkan.

subtitletraslator3

4. Berikutnya, pencet "Select Subtitles" dan pilih judul file yang baru Sobat upload tadi. Tunggu proses penterjemahan selesai, dan ketuk "NEXT."

subtitletraslator4

5. Tekan "DOWNLOAD" untuk menyimpannya dan jika muncul pesan seperti gambar ini, klik aja menu paling bawah dengan menampilkan tulisan berwarna merah "Not Donation."

subtitletraslator5

2. Via TranslateSubtitles

Ini adalah translate subtitle online terbaik lainnya yang 100% gratis dan mudah dioperasikan. Website ini juga mendukung beragam format teks, seperti SRT, ASS, SUB, SBV, VTT, dan STL.

So, berikut cara mengubah subtitle Inggris ke Indonesia menggunakan tools generator versi kedua.

1. Pergi ke TranslateSubtitles dan silahkan ekspor file Anda pada menu "DRAG & DROP HERE."

translatesubtitles1

2. Pilih bahasa terjemahan, kemudian tekan opsi 1 untuk memulai proses translate Anda.

translatesubtitles2

3. Jika sudah selesai, tab tombol nomor 2 "Download" & silahkan tentukan opsi tempat penyimpanan berkas Anda.

translatesubtitles3

Bagaimana Guys, gampang bukan? Sekarang langkah terakhirnya adalah kita harus melampirkankannya ke dalam video agar ia dapat digunakan.

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android

Karena subtitle datang sebagai file terpisah dari video sebenarnya, oleh sebab itu kita perlu menambahkannya melalui aplikasi media player dari sumber ketiga atau bawaan perangkat jika memungkinkan.

Di tutorial kali ini, admin mengunakan MX Player sebagai contoh. Namun, kalian bisa memakai aplikasi berbeda tapi cara kerjaanya tetap sama.

Dan, inilah step by step cara menambahkan subtitle di HP Android yang dapat Sobat ikuti.

● Buka MX Player, putar video beberapa saat kemudian jeda > Tab ikon tiga titik disudut kanan atas di layar aplikasi > Pilih menu "Teks Film."

cara add subtitle android1

● Ketuk opsi "Buka" > Cari di folder mana kamu menyimpan file unduhan barusan. Terakhir, klik nama file Anda dan selamat menonton dengan teks visual hasil terjemahan Sobat sendiri.

cara add subtitle android2

Penutup

Demikianlah rangkaian cara mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia dan menggabungkannya ke dalam film di Android dengan sangat mudah dan cepat.

0 Response to "2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia"

Post a Comment