Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Pemula

cara mendapatkan backlink gratis

Tips cara mendapatkan Backlink gratis berkualitas tinggi untuk pemula dengan mudah dan cepat yang kami ulas secara lengkap buat Anda.

Ya, Backlink adalah salah satu teknik SEO yang paling efektif dan produktif untuk mempercepat pertumbuhan lalu lintas organik.

Akan tetapi, jika salah dalam penerapannya, maka akan berdampak buruk pada perkembangan website itu sendiri.

Sedangkan, cara mendapatkan Backlink gratis berkualitas tinggi itu terkadang sangat sulit dilakukan untuk pemula, namun tidak bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Kita tahu, bahwa memiliki banyak Backlink berkualitas akan turut mendongkrak nilai DA dan PA, sekaligus berperan penting dalam menaikan posisi halaman di SERPs.

Jika kalian masih tergolong baru di dunia blogging, bisa dikatakan belum sepenuhnya mengerti apa yang dimaksud dengan Backlink itu dan bagaimana trik mendapatkannya.

So, simak terus tulisan ini untuk mengetahui jawabannya.

Baca Juga: Cara Menjalankan Blogwalking yang Tepat dan Benar

Apa itu Backlink?

Backlink adalah tautan yang mengarah dari domain luar ke halaman domain root Anda, atau menghubungkan kembali dari URL website lain ke domain Anda.

Ada banyak jenis Backlink yang akan kita jumpai, tetapi hanya ada dua jenis Backlink utama yang cenderung meningkatkan SEO Anda.

1. Backlink DoFollow

DoFollow adalah jenis tautan yang dapat dikenali oleh search engine, dan ia akan mengarahkan lalu lintas yang cukup besar, jika Sobat memilikinya dari website dengan DA dan PA yang tinggi.

2. Backlink NoFollow

NoFollow adalah Jenis tautan yang hanya dapat dikenali oleh manusia, dan tidak ada search engine yang dapat mengidentifikasinya.

link tipe ini juga berpotensi mengarahkan lalu lintas ke blog Anda, tapi tidak akan mendapatkan pengunjung organik.

5 Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas Tinggi Mudah dan Cepat

Membangun rangkaian Backlink adalah salah satu taktik yang digunakan oleh semua Blogger. Demi menaikan reputasi dan lebih bersahabat dengan search engine.

Berikut tips sederhana cara mendapatkan Backlink gratis untuk Pemula.

1. Guest Blog

Guest blog (Blog Tamu) adalah praktik di mana kita bisa mendapatkan kesempatan untuk menulis konten untuk orang lain.

Jika Website itu memiliki DA dan PA tinggi, serta trafik besar, maka kita akan mendapat keuntungan dengan Backlink gratis dari mereka.

Bahkan menurut pakar SEO, ini adalah cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas ke web mana pun.

2. Bergabunglah dengan Forum

Selanjutnya, bergabung dengan forum adalah langkah terbaik lainnya yang harus Sobat manfaatkan.

Turut bergabunglah dengan komunitas populer, seperti XDA, Yahoo, Kaskus, Quora, dan Reddit, juga dapat menghasilkan Backlink gratis yang bagus untuk blog Anda.

3. Berkomentar di Postingan Website Terkenal

Pepatah mengatakan: Jika Anda memberikan nilai kepada seseorang, maka kamu akan mendapatkan imbalannya.

Pepatah ini juga berlaku dalam dunia SEO, jika Sobat berkomentar secara relevan di situs-situs terkenal, kemungkinan besar akan memperoleh imbalan berupa link DoFollow dan NoFollow.

Jadi, mulailah melakukan kebiasaan untuk memberi komentar di website top dengan popularitas yang tinggi, seperti Detik, Viva, Kompasiana, Liputan 6 atau Tribun.

4. Berkomentar di Website GOV dan EDU

Gov dan Edu rata-rata memiliki skor DA dan PA yang tinggi, sehingga ini sangat bagus untuk mendapatkan tautan dari mereka.

Namun, web Gov dan Edu rata-rata berbahasa inggris, jadi berkomentarlah juga dalam bahasa inggris dalam kontek yang sesuai apa yang mereka bahas.

Plus, usahakan Niche Anda berhubungan dengan topik mereka agar ada saling keterkaitan.

5. Amati Backlink Kompetitor

Cara mendapatkan Backlink gratis berkualitas tinggi untuk pemula yang terakhir adalah mencari tahu Backlink kompetitor.

Analisa kenapa mereka bisa menduduki halaman teratas di search engine. Lakukan penelitian dan cek sumber backlink yang mereka gunakan, karena itu juga bisa diterapkan pada blog Sobat.

Informasi: Tautan yang rusak atau broken link akan menyebabkan penurunan pada seluruh aspek SEO Anda. Jika ada segera temukan dan hapus.

Baca Juga: Cara Hapus Backlink Spam via Google Disavow

Kesimpulan

Membangun Backlink adalah salah satu cara paling efektif untuk menaikan peringkat dan mendorong lebih banyak lalu lintas yang ditargetkan secara akurat.

Demikian, bahwa kemenangan akan diberikan kepada mereka yang tahu cara menerapkan teknik ini dengan tepat dan benar.

So, itulah cara mendapatkan Backlink gratis berkualitas tinggi yang bisa kalian terapkan.

Selamat mencoba.