Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjalankan Blogwalking yang Tepat dan Benar

metode blogwalking yang tepat

Blogwalking merupakan satu diantara sekian banyak teknik SEO yang digunakan oleh para blogger untuk meningkatkan lalu lintas web mereka di mesin pencarian.

Ini juga salah satu cara untuk mempromosikan dan teknik mendapatkan Backlink

Blogwalking bisa dikatakan ajang silaturahmi atau saling berkunjung satu sama lain antar pengelola web.

Bertujuan agar mempercepat popularitas dan meningkatkan volume pengunjung. Terlebih, jika Anda baru saja memulainya.

Maka kegiatan ini akan mempercepat pertumbuhan sekaligus perkembangan web Anda, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukannya sama sekali.

Metode ini adalah cara klasik, namun masih banyak digunakan hingga detik ini, karena mengandung unsur strategi SEO untuk memperkenalkan diri kepada publik, entah itu di media sosial ataupun di situs orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas untuk Pemula

Nah, Jika sekarang sobat ingin mengetahui lebih jauh dan bagaimana cara penggunaan yang tepat? Atau apa saja manfaat / keuntungan lainnya? Silakan, kamu simak penjabaran singkat berikut ini.

Apa itu Blogwalking?

Secara singkat, ini adalah aktivitas saling berkunjung antar sesama pengguna dengan memberikan komentar relevan atau kesan positif.

Juga, dikatakan sebagai konsep dasar dari taktik SEO yang sejak lama dipakai oleh para blogger untuk meningkatkan trafik PageRank di bagian atas search engine.

Lalu, bagaimana cara menerapkan metode ini dengan tepat dan benar? Sekarang, kita akan mengupasnya lebih dalam.

Cara Blogwalking yang baik agar tetap sasaran (Tidak Spam)

Ok, dalam hal ini ada sejumlah poin yang harus kamu perhatikan agar tidak di anggap spam oleh pemilik web maupun mesin telusur, dan itu meliputi:

  • Tentukan situs mana yang akan kamu kunjungi, dan sangat dianjurkan untuk satu Niche dengan Anda.
  • Berkomentar positif dan relevan sesuai dengan topik pembahasan, kalau perlu sama dengan tema dari salah satu postingan Anda.
  • Berfokuslah mencari web dengan nilai otoritas DA dan PA paling tinggi. Kemudian, tinggalkan komentar relevan dan selipkan URL Anda (Hanya Dofollow), Karena langkah ini, memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan dari Backlink mereka.
  • Hindari memasukkan tulisan URL seperti: "http://" atau "www" pada komentar, karena akan menyebabkan kalian dianggap sebagai spammer.
  • Jika, sobat menemukan web yang benar-benar disukai, pastikan untuk menandainya (Bookmark) sehingga nantinya bisa mengunjunginya kembali.
  • Saling bertukar tautan di forum besar, termasuk Facebook, Yahoo, Kaskus dan lainnya.

Manfaat dari Blogwalking

  1. Dapat memicu bertambahnya wawasan dan pengetahuan tentang dunia web, sehingga memunculkan ide dan konsep baru, dimana itu bisa kita gunakan dalam memperluas kreatifitas.
  2. Menjalin Silaturahmi antar sesama pengguna, bertukar informasi, dan menjalin kerjasama agar saling menguntungkan.
  3. Ketika koneksi dengan pengguna lain sudah mulai luas, kita dapat meminta bantuan kepada mereka dengan mudah jika ada masalah yang belum terselesaikan dalam urusan ngeblog.
  4. Menulis URL pada setiap berkomentar dengan aturan tepat, maka bonus backlink akan mendarat di daftar Anda secara cuma-cuma.
  5. Bandingkan dan mengevaluasi apa kekurangan dan kelebihan Anda dibanding mereka. Dengan begitu, sobat dapat segera memperbaikinya.
  6. Meningkatan popularitas web dengan mudah dan cepat, bahkan lalu lintas non organik juga turut meningkat.

Hal-hal yang Harus Anda Hindari

Jangan hanya memasukkan URL, tanpa menyertakan komentar apapun. Ini dianggap tidak sopan, sampai-sampai memicu spam, sehingga nantinya berdampak buruk kepada Anda.

Jika, sobat pernah mengomentari setiap postingan pada suatu web, dan tidak pernah kembali lagi. Ini sudah jelas, kamu hanya mengharapkan backlink dari mereka.

Jadi, sesekali kembali lah pada situs itu, dan berkomentar lagi seperti biasa.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Domain Authority (DA)

Penutup

Blogwalking adalah cara paling praktis dan tercepat dalam teknik SEO dalam hal meningkatkan lalu lintas non-organik dan tambahan backlink.

Lakukan secara rutin dan teratur, termasuk untuk memperkenalkan konten baru Anda.

Namun, harap diingat! penerapan konsep yang salah akan memicu dampat negatif dengan menurunkan Ranking dan SERPs di mata Google.