HP Mati Hidup Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

mengatasi hp mati sendiri

Penyebab dan cara mengatasi HP mati hidup sendiri sebagai panduan ringan jika Anda sedang mengalaminya.

JejakTerkini - Ini adalah masalah umum yang sering kita temui pada Smartphone, tapi masih dapat dicegah. Karena itu, dalam halaman berikut kami akan menjelaskan mengapa mereka terjadi, dan bagaimana solusinya.

Khusus Android, terkadang problema ini bisa menimpa siapa saja. Baik pengguna ponsel baru atau sudah lama.

Apa Penyebab HP Suka Mati Sendiri?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa telepon Anda tiba-tiba restart dengan sendirinya, bahkan terus berulang-ulang.

1. Persentase Baterai Tidak Akurat

Sobat mungkin tak pernah membayangkan sebelumnya, bahkan akurasi baterai tidak 100% benar adalah pemicu utama.

Seperti kebanyakan ilmu pengetahuan, reaksi ini dapat diukur juga pada Smartphone. Dibuat menggunakan algoritma dari kimia.

Diamsumsikan sebagai proses sensitif yang dapat dipengaruhi oleh hal-hal seperti suhu, usia baterai, dan kandungan sumber daya.

Contohnya: Di layar menunjukkan persentase sebesar 70%, padahal sebenarnya kapasitas tersisa tinggal 10%. Sehingga menyebabkan HP mendadak mati.

2. Baterai Sudah Tua

Alasan lainnya adalah umur baterai, ketika ia telah dipakai lebih dari 3 tahun dan itu bisa menjadi kondisi yang kurang ideal.

Artinya, dalam siklus tersebut kesehatannya sudah mulai terganggu seperti ada kebocoran, kembung, dll.

Penting untuk dicatat, meski bagaimanapun bahwa usia pakai baterai dapat mempengaruhi aspek secara keseluruhan, jadi kamu perlu menggantinya.

3. Sistem Crash dan Overheat

Selain masalah baterai, penyebab HP sering hang dan restart sendiri adalah dipicu oleh beberapa sistem yang korup, error, atau RAM yang menipis karena kelebihan beban.

Bahkan, kondisi di mana chipset "komponen perangkat" menjadi terlalu panas. Reaksi ini mengakibatkan ponsel sengaja dinonaktifkan oleh sistem agar mencegah kerusakan akibat temperatur ekstrem.

Secara internal, faktor ini bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi running di latar belakang, cache & file sampah menumpuk, malware, atau Bug yang perlu ditambal.

4. Efek Root

Perangkat rooting memiliki banyak keuntungan dibandingkan yang tidak. Namun, disisi lain juga mendatangkan sejumlah resiko termasuk topik yang sedang kita bahas ini.

5. Komponen Rusak

Telepon modern memiliki hardware yang begitu kompleks, jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen maka sudah dipastikan akan mempengaruhi kinerjanya seperti konektor, IC power, dan sebagainya.

Baca Juga: 2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia

7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk memperbaiki HP Anda yang shutdowns tak terduga itu. So, silakan coba salah satunya.

1. Kalibrasi Baterai Anda

baterai kalibrasi

Sistem operasi Android memiliki fitur yang disebut statistik baterai untuk terus melacak kapasitasnya, ketika penuh atau kosong.

Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang menjadi rusak dan mulai menampilkan data tidak real. Mengakibatkan, telepon mati sebelum mencapai 0 persen.

Dengan mengkalibrasi, itu akan memperbaiki informasi dan membuatnya bebas dari kesalahan.

Demikian, indikator baterai Anda dapat ditampilkan lebih aktual, relevan, akurat, serta disesuaikan kembali.

Caranya, silakan download terlebih dahulu APK bernama Battery Calibration di Google Play.

Kemudian, charge perangkat hingga mencapai 100 persen > Setelah terisi penuh jangan langsung dicabut > buka aplikasi dan lakukan kalibrasi.

Lalu, matikan ponsel dan lanjutkan pengisian daya selama 3 jam > Hidupkan kembali > Gunakan secara normal sampai baterai benar-benar terkuras.

Ulangi langkah ini 2 - 3 kali, agar digital voltmeter dapat diperbaiki.

Catatan:: Tidak direkomendasikan untuk melakukan proses ini secara teratur. Tapi, lakukanlah setiap 3 bulan sekali agar kesehatan baterai selalu terjaga.

2. Hapus Cache

hapus cache

Cara mengatasi HP Mati hidup sendiri berikutnya adalah melalui penghapusan file cache.

Terkadang, riwayat browsing dan bongkar pasang aplikasi akan meninggalkan data diruang memori. Semakin menumpuk, maka berpotensi menghambat performa perangkat.

Bahkan, jika ponselmu memiliki spesifikasi rendah bisa mengakibatkan crash, error, lag dan hang.

Untuk menyingkirkan mereka secara otomatis, Sobat dapat menggunakan file manajer Es File Explorer, atau program pembersih cache seperti Ecleaner.

Bagi sistem operasi 6.0 keatas, Sobat bisa melakukannya secara manual dengan pergi ke Pengaturan > Aplikasi > klik Penyimpanan > Pilih hapus cache.

Informasi: Sebelum uninstall aplikasi apapun, utamakan lebih dulu menghapus data, barulah APK-nya. Ini mencegah risiko penimbunan file sampah.

3. Tutup Aplikasi Berjalan di Background

Terlalu banyak aplikasi yang aktif dapat menyebabkan kelesuan dan berkinerja buruk ketika RAM hampir sepenuhnya terisi.

Siklus ini membuat CPU dipaksa terus bekerja yang pada akhirnya berpotensi memperlambat telepon dan menguras energi baterai.

Di Android 6.0 keatas, telah dilengkapi pengelolaan sumber daya sistem dengan sangat baik. OS secara otomatis menangguhkan atau menutup aplikasi tidak terpakai.

Proses ini tanpa memerlukan intervensi pengguna, secara konsisten menghentikan mereka berkerja di latar belakang.

Sebaliknya, tidak bagi versi lebih lama. Oleh karena itu, Sobat harus menutup paksa secara manual untuk menghentikan layanan.

Jika tak ingin ribet, silakan install RAM Booster atau sejenisnya di Play Store. Ini berfungsi mengoptimalkan CPU dan RAM Anda.

4. Gunakan Antivirus

pasang antivirus

Malware dapat merusak sistem, tidak hanya komputer tapi perangkat seluler pun dapat terjangkit program berbahaya.

HP restart sendiri berulang ulang kemungkinan besar telah terinfeksi oleh virus. Sebaiknya, pasanglah program Antivirus untuk memindai dan membersihkannya.

5. Update Telepon Anda

update os android

Cara mengatasi HP Mati hidup sendiri selanjutnya adalah dengan melakukan pembaruan sistem ke paling terkini, jika memungkinkan.

Pada dasarnya, update ini membawa fitur menarik dan emoji baru, bahkan yang paling penting meningkatkan keamanan dan perbaikan kinerja.

Pemutakhiran perangkat sering kali dapat memperbaiki masalah yang berhubungan dengan Bug, serta keakuratan statistik baterai Anda.

6. Periksa Konektor

baterai konektor

Seperti kita ketahui, konektor merupakan tempat dudukan yang menghubungkan ponsel dengan baterai. Pada umumnya, terdiri dari 3 susunan logam kecil berwarna kuning keemasan.

Ini adalah salah satu komponen vital dari sebuah smartphone yang kita pakai, jika rusak maka sudah jelas daya tak dapat diisi.

Cobalah periksa apakah ada kotoran, debu, dan semacamnya yang menempel pada konektor. karena, itu bisa mengganggu penghantar aliran listrik.

Jika ada, lap menggunakan kain halus atau penghapus pensil. Gosok secara perlahan. Jangan lupa bersihkan juga flat kecil yang ada di baterai.

7. Ganti Baterai

Seperti sudah disebutkan, cara paling sederhana untuk memecahkan masalah HP selalu restart sendiri dengan mengganti baterai.

Kebanyakan produsen smartphone akan melakukan ini, bahkan banyak orang menganggap bahwa jangka umur baterai hanya sekitar tiga tahun.

Oleh karena itu, ia akan mulai memperlihatkan masalah seperti performa, shutdowns, dan keandalan secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Game Penghasil Uang Untuk Smartphone

Penutup

Adapun, memiliki telepon secara mendadak mati adalah menjengkelkan dan membuat kita stres.

Namun, dengan 7 cara mengatasi HP mati hidup sendiri yang kami uraikan diatas dapat mengurangi kemungkinan restart tiba-tiba itu.

Bahkan, semua proses ini bisa kalian tangani sendiri, kecuali ada kompunen hardware lainnya yang rusak maka barulah bawa ketukang servis.

0 Response to "HP Mati Hidup Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya"

Post a Comment