Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Game Nomor 1 di Indonesia, Dunia, dan Playstore 2020

game no 1

Daftar Game nomor 1 di Indonesia dan Dunia 2020 dengan menduduki rangking dan unduhan teratas di Play Store.

JejakTerkini - Ada begitu banyak pilihan game terbaik untuk ponsel Android, dan faktanya membuat sebagian pengguna cukup kesulitan untuk memutuskan permainan apa saja yang layak diunduh.

Dengan ribuan game yang tersebar diberbagai katalog / genre, termasuk RPG, Action, Adventure, Racing, Simulation, Puzzle, Strategy, Horror, Sports, dll.

Semuanya tersedia dalam mode MultiPlayer, Online, Offline, gratis, dan berbayar. Tentunya, ini memberi opsi yang sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan kita masing-masing.

Berbicara Game nomor 1 di Indonesia, Dunia, dan Playstore, pastinya tidak terlepas dari poin-poin sebagai berikut:

● Rating dan jumlah unduhan tinggi atau besar (Populer).

● Grafis dan story yang tidak membosankan.

● Pernah memenangkan penghargaan Game of The Year.

Baca Juga: Kumpulan Game PS1 Grafik Terbaik ukuran kecil for Android

5 Game Nomor 1 di Indonesia dan Dunia

Tahun demi tahun, judul yang tersedia di Google Play terus bertambah dan akan terus bertambah sampai kita tidak dapat lagi menghitungnya.

Akan tetapi, dari sekian banyak itu hanya ada beberapa yang menjadi hit, populer, dan berkualitas terbaik.

Sementara dalam beberapa kasus, game seluler adalah port dari konsol, sebagian lainnya dibuat langsung untuk ponsel atau tablet.

Jika, Anda tertarik untuk mengetahui sekaligus mencari referensi tentang game apa saja yang menyandang predikat nomor 1 di Indonesia, Dunia, dan Playstore, yok intip bocoran dari kami berikut ini.

1. Among Us

among us

Sejak debutnya pertama kali, Among Us sudah menyedot perhatian oleh para pecinta game mobile. Popularitas tidak dapat disangkal, meskipun tampilannya terlihat seperti biasa-biasa saja.

Among Us adalah permainan online berjenis Strategi-multiplayer daring, dan mampu dimainkan empat hingga sepuluh orang, baik dengan mereka yang kita kenal atau orang asing.

Among Us bisa dikatakan sebagai permainan sosial deduksi yang mirip dengan Mafia atau Werewolf, dan disini kita berperan sebagai anggota tim di pesawat luar angkasa.

Secara teknis, Among Us terlihat seperti meme dengan melibatkan tokoh-tokoh mirip Telly Tubby berwarna-warni dan dibalut pakaian astronot kecil nan lucu.

Di mana, setiap pemain diajak berlarian di dalam ruang pesawat virtual untuk menyelesaikan tugas pemeliharaan pesawat sambil mencoba mencari tahu siapa "penipu" sebelum mereka membunuhnya.

Dimaksud dengan "Penipu" disini adalah salah satu anggota kru telah digantikan oleh alien parasit yang berubah bentuk dan ingin melenyapkan kru lainnya sebelum kapal mencapai Bumi.

Penipu itu terlihat seperti orang lain yang akan menyabotasi kapal, menyelinap melalui ventilasi, tidak terdeteksi, dan menjebak para pemain.

Lalu pertanyaannya, mengapa Amoung Us begitu sangat populer? Setelah dirilis ke port seluler tahun 2018, popularitanya melonjak selama beberapa bulan terakhir dan telah pencapai lebih dari 100 juta unduhan.

Jawabannya, sejak pemutaran pita-pita terkenal di media online Twitch, seperti Fortnite, Sodapoppin, Pewdiepie, dan Pruit Ninja menjadi cepat meroket, tak terkecuali Among Us.

Juga, kemunculannnya di Twitter dan Reddit, menyebabkan perbincangan hangat dan menyebar luas keseluruh dunia termasuk Indonesia.

Orang-orang cenderung ingin mencari tahu lebih jauh tentang apa dia sebenarnya, kemudian mencoba untuk memainkannya.

Disisi lain, Among Us mendukung lintas platform seperti PC dan Mobile, sehingga memudahkan pengguna untuk bermain bersama di perangkat apapun yang mereka gunakan.


Informasi
Developer: Innersloth LLC
Rilis: 15 Juni 2018
Genre: Strategi
Persyaratan: Android 4.4+
Rating: 4.5
Unduhan: 100 juta+
Mode: Gratis

2. Asphalt 9: Legend

asphalt 9

Game nomor 1 di Indonesia & Dunia selanjutnya adalah Asphalt 9: Legends yang memulai peluncuran pertamannya pada tahun 2018.

Asphalt 9 telah menaklukkan hampir semua platform yang pernah ada selama ini, dari Nintendo DS, PC, macOS, Switch, hingga perangkat Mobile.

Semua seri Asphalt dikembangkan langsung oleh Gameloft Studio yang tersebar dibeberapa negara, dengan berkolaborasi dengan bantuan Virtuos dari Ubisoft.

Sejak diterjunkan ke port Android dan iOS, ia telah menjelma sebagai game racing paling banyak dicari dan dimainkan oleh pengguna seluler.

Lihat saja di Google Play, Asphalt 9 sudah menerima lebih dari 50 juta unduhan, dan kemungkinan besar itu akan terus bertambah.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari berbagai aspek dan elemen yang ditingkatkan dibandingkan seri pendahulu, Asphalt 7: Adrenalin maupun Airborne.

Hasilnya, Asphalt 9 Legends menerima ulasan positif dalam hal grafis dan desain visual realistis, serta sound efek yang dipuji dengan suara enak di dengar.

Selain itu, penambahan katalog mobil berlisense yang lebih komplit, skema kontrol dinamis, dan mode gameplay baru, membuat siapa pun ingin memainkannya.

Jadi, tidak diragukan lagi bahwa Asphalt 9 Legends adalah pemain terdepan dalam edisi balap yang tersedia di pasar smartphone saat ini.

Bahkan, setelah memenangkan penghargaan untuk kategori "Game Sports" di Webby dan Design Awards tahun 2019, semakin menahbiskan ia sebagai game nomor 1.


Informasi
Developer: Gameloft SE
Rilis: 25 Juli 2018
Genre: Racing
Persyaratan: Android 5.0+
Rating: 4.4
Unduhan: 50 juta+
Mode: Gratis

3. Call of Duty: Mobile

call of duty

Berbicara tentang sebagian besar game "Inti" dan gagasan revolusioner dari judul-judul ternama masa lalu, sepertinya Call of Duty mungkin akan menarik perhatian.

Bahkan dalam praktiknya, Call of Duty Mobile adalah kisah sukses yang bukan hanya saat peluncuran, tetapi paling adiktif sampai sekarang.

Sebagai bagian dari penyempurnaan entri sebelumnya, Black Ops dan Modern Warfare, seri ini telah menguasai komunitas, industri, dan peta favorit penggemar dalam sejarah Call of Duty.

Hasil kolaborasi dari vendor raksasa Cina Tencent dan Activision Studio, membuatnya menduduki puncak kinerja minggu pertama awal perilisan.

Dan kini, dengan 100 juta unduhan lebih di Google Play hanya dalam rentang setahun, maka COD: Mobile dapat dikatakan sebagai jajaran game nomor 1 di dunia termasuk di Indonesia.

Lantas apa yang menjadikan ia meroket sedemikian pesat di pasar seluler? Seperti telah kami sebutkan, ini adalah gebrakan baru dan melanjutkan lintasan yang sudah ada.

Artinya, megahit ini telah melakukan pembaruan baru untuk melengkapi dan menyempurnakan seri-seri terdahulu.

Dengan memanfaatkan kekuatan mesin Unity untuk peningkatan grafis, pengembang telah menambahkan mode gameplay teranyar. Battle Royale dan MultiPlayer berbasis tim 5v5.

Kegembiraan tidak berhenti sampai disitu, mereka juga memasukkan banyak mode lainnya seperti zombie Action, Deathmatch, pertempuran sniper vs. sniper, dan menyertakan peta baru bernama Summit.

Meskipun, game First-person shooter ini terbilang agak gemuk untuk ukuran platform seluler pada umumnya, namun itu bukan masalah bahkan tetap disambut antusias oleh penggemar Call of Duty di seluruh dunia.


Informasi
Developer: Activision Publishing, Inc.
Rilis: 1 Oktober 2019
Genre: Action, First-person shooter
Persyaratan: Android 4.3+
Rating: 4.5
Unduhan: 100 juta+
Mode: Gratis

Baca Juga: 12 Game PS2 Terbaik Perang dan Petualangan Ukuran Kecil

4. Garena Free Fire

free fire

Jika Anda bertanya, Game nomor 1 di Indonesia apa Google? Mungkin jawabannya ada pada Garena Free Fire atau yang lebih dikenal sebagai Free Fire "FF."

Ya, game berjenis medan pertempuran atau Battle Royale telah melampui genre lainnya dan menjadi Raja selama beberapa tahun kebelakang.

Setelah dirilis Desember 2017, FF meledak popularitasnya dan tercatat sudah memiliki lebih dari 500 juta total unduhan, bahkan tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambat. Wow!

Sementara, basis komunitas terbesar dari game pertempuran eksklusif ini berada di Asia dan Amerika Latin, bukan di Eropa ataupun AS.

Bukan kebetulan, kenapa FF lebih dominan di negara-negara berkembang dibandingkan dengan negara yang lebih maju.

Perbedaan ekonomi adalah faktor utama mengapa negara-negara Asia dan Amerika Latin lebih condong ke Free Fire.

Padahal kalau kita perhatikan, Fortnite, PUBG, dan Call of Duty misalnya, sama-sama memiliki port untuk smartphone.

Namun, ketiganya menuntut perangkat cerdas di ujung spektrum kinerja lebih kuat. Pada gilirannya, harganya juga lebih mahal.

Sedangkan di beberapa negara berkembang, orang-orang akan kesulitan untuk membeli ponsel premium. Artinya, mayoritas dari mereka hanya memiliki ponsel murah dan Free Fire dapat berjalan diperangkat apapun.

Jika dulu, judul-judul terkenal dari game eSports hanya mampu dimainkan oleh orang-orang kaya, karena mereka mampu membeli perangkat kelas atas. Tetapi, dengan hadirnya FF dapat memuaskan dahaga jutaan orang.

Kunci kesuksesan Free Fire itu sendiri tidak lepas dari seberapa baik Garena selaku pengembang memahami pentingnya komunitas.

Bahkan dengan basis pengguna yang sangat besar, Garena tahu bagaimana membuat para penggunanya merasa spesial.

Ini mereka lakukan dengan membuat konten lokal agak unik untuk wilayah tertentu, seperti di Indonesia, Thailand, atau Brazil.

Agar terus berkembang, ia membutuhkan suasana persaingan yang sehat antar para pemain maupun komunitas secara global.

Akhirnya, upaya Garena untuk mencapai puncak membuahkan hasil, dengan menjadikan Free Fire sebagai pemenang game eSports of the year 2020.


Informasi
Developer: Garena Internation I Private Limited
Rilis: 4 Desember 2017
Genre: Battle Royale
Persyaratan: Android 4.1+
Rating: 4.2
Unduhan: 500 juta+
Mode: Gratis

5. PUBG Mobile

pubg mobile

Game nomor 1 di Indonesia dan Dunia bagian terakhir adalah PUBG Mobile, kalau boleh dikatakan sebagai pesaing utama dari Free Fire di basis Battle Royale.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, PUBG telah menggemparkan dunia Hanya dalam tahun pertamanya, dengan mencetak rekor mencapai lebih dari 1,3 pengguna.

Menurut informasi, PlayerUnknown BattleGround atau yang dikenal secara luas sebagai PUBG, menghasilkan $ 6,1 juta keuntungan dalam rentang selama setahun peluncuran.

Kisah sukses tersebut terus berlanjut ke tahun 2018, dan kini 2020 dengan 100+ juta unduhan di Play Store.

Rekor tersebut menjadikan PUBG Mobile paling cepat berkembang dan salah satu game seluler terbaik sepanjang masa.

Statistik diatas, juga dibarengi beberapa fakta unik dan menarik yang tentunya akan mengejutkan kita semua.

Pernahkah Sobat bertanya, tentang cerita di balik kepopularitas dari permainan MultiPlayer daring yang dikembangkan oleh vendor Induk Bluehole, Inc asal Korsel ini.

Rumornya, PUBG diambil dari nama sekaligus desainer utamanya Brendan Greene, dia kerap menggunakan tag "Player Unknown" dalam aktivitas online-nya.

Kemudian, dengan bantuan Bluehole Studios, maka terciptalah judul PlayerUnknown BattleGround.

Fakta berikutnya di balik hiruk-pikuk PUBG adalah publisitas dari mulut ke mulut. Artinya, ia tidak menginvestasikan uang dalam bentuk iklan apapun.

Lho kok bisa? Begini, ketika kita menyukai sesuatu, maka kita akan memberitahu keluarga atau teman bahwa produk itu bagus.

Saat Anda senang dengan PUBG, pastinya Anda juga akan membagikan atau merekomendasikannya ke teman dan keluarga Anda.

Inilah keseluruhan sistem yang dimaksud dengan publisitas mulut ke mulut.

Pada kenyataanya, cara seperti itu mendapat respon dan cinta yang fenomenal dari seluruh dunia dalam waktu singkat.

Dengan terobosan dan fakta-fakta yang ada, PUBG Mobile telah menerima banyak penghargaan dari tahun ke tahun. Bahkan, ia berpotensi memecahkan semua rekor dalam sejarah video game.


Informasi
Developer: Tencent Games
Rilis: 9 Februari 2018
Genre: Battle Royale
Persyaratan: Android 4.3+
Rating: 4.2
Unduhan: 100 juta+
Mode: Gratis

Baca Juga: Download Game PES 2020 PPSSPP ISO Camera PS4 Ukuran Kecil

Penutup

Game nomor 1 di Indonesia, Dunia, dan Playstore diatas kami rasa mereka memang layak untuk masuk nominasi sebagai yang terbaik.

Nah, menurut kalian sendiri kira-kira lebih memilih yang mana? silahkan berikan komentar dibawah.