4 Tips Memilih Niche Blog yang Tepat

tips memilih niche blog

Ketika kita berniat terjun ke dunia blogging, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan Niche yang tepat.

Sedangkan, ini merupakan cara terbaik bagi blogger kecil atau pemula untuk menarik minat pembaca.

Apa itu Niche?

Niche dalam istilah sederhana adalah topik utama atau tema utama dengan berfokus pada satu topik atau satu bidang saja. Kata lain, semua konten yang dipublikasikan secara langsung terkait dengan topik agak sempit.

Pertanyaannya, mengapa kita harus melakukan hal itu? Bukankah pengunjung bosan membaca tentang topik yang sama setiap saat? Apakah kita tidak jenuh menulis tentang hal itu setiap hari / minggu?

Untuk mengetahui jawabannya, teruslah Sobat menyimak artikel ini hingga selesai.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di HP / Laptop untuk Pemula

4 Tips Memilih Niche yang Tepat untuk Blog Jangka Panjang

Menentukan Niche sangat penting untuk memulai sebuah blog, tidaklah begitu sulit untuk mempersempit peluang dan menemukan ide kreatif yang membuat web Anda tampil berbeda.

Ketahuilah, orang-orang lebih menyukai web dengan menyediakan konten spesifik pada topik tertentu.

Selain mendapatkan peluang bagus untuk mengambil hati para pengunjung, langkah ini lebih di sukai Google daripada Sobat harus menggunakan bermacam-macam Niche "Gado-Gado."

Berikut beberapa kiat khusus untuk mengidentifikasi Niche yang akan membawa blog Anda jauh ke level selanjutnya.

1. Tentukan apa Topik Kesukaan Anda

Tujuan pertama di balik memulai sebuah blog adalah memilih sesuatu yang benar-benar kamu sukai. Apalagi jika Sobat berencana untuk membangun web jangka panjang.

Kalau, Anda tidak tertarik atau tidak ingin terikat dengan topik yang ingin ditulis, maka kemungkinan besar Sobat akan cepat kehabisan ide, dan itu tak akan bertahan lama.

Pilihlah Niche yang menginspirasi, membuat bergairah, dan bersemangat sesuai dengan minat Anda.

2. Identifikasi Bakat / Keahlian Anda

Jika, kamu memiliki berbakat dalam satu bidang, maka pilihlah Niche sesuai keahlian Anda tersebut.

Misalnya: Sobat ahli dalam hal memasak, maka buatlah topik tentang "Menu / resep-resep makanan."

Hal ini akan memudahkan dalam menulis artikel dan menjadikan kamu semakin handal di bidang itu.

3. Ide Kreatif

Di sinilah Sobat mendapat tantangan dan kesenangan. Tantangan karena ini membutuhkan waktu serta niat, kesenangan karena langkah ini akan membuat jalan kesuksesan.

Mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh banyak orang adalah jalan keluar yang mudah, tetapi menghasilkan gagasan kreatif belum pernah terlihat sebelumnya akan menempatkan diri Anda lebih menonjol.

4. Hindari Niche Tren

Dalam menjaring banyak pengunjung, Niche Tren adalah pemain terdepan. Namun ketahuilah, menggunakan topik seperti ini, bisa menghilang di masa depan dan tidak bertahan lama.

Contohnya: "Acara Televisi Tertentu" mungkin sesaat mendatangkan trafik begitu tinggi, tetapi kalau acara televisi tersebut sudah tidak tren lagi, lalu apa yang terjadi?

Kemungkinan besar, postingan-postingan yang pernah kamu buat perlahan tidak akan dicari orang lagi, dan lalu lintas akan melambat sampai akhirnya memudar.

Sebaiknya jangan memilih topik sedang tren saat ini, karena dapat menghilang di masa depan. Sebaliknya, gunakanlah Niche yang memiliki kekuatan tetap.

Baca Juga: Cara Menjalankan Blogwalking yang Tepat dan Benar

Uraian Akhir

Menentukan tema yang tepat itu sangat penting untuk tujuan di balik kesuksesan sebuah Blog. Sejak awal, ini dapat menempatkan diri Anda pada jalur yang benar.

Kesalahan dalam memilih Niche hanya akan menghabiskan begitu banyak waktu Anda. Jadi, luangkan waktu untuk merenungkan dan mempertimbangkan, kira-kira Niche apa yang sesuai dengan minat atau hobi Anda.

So, itulah gambaran singkat dalam memilih Niche yang tepat untuk membangun Blog jangka panjang.

0 Response to "4 Tips Memilih Niche Blog yang Tepat"

Post a Comment