Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Menggunakan Black dan White Hat SEO

black dan white hat seo

Istilah Black dan White Hat SEO boleh dikatakan berasal dari film-film Hollywood yang membedakan "Penjahat" dan "Orang Baik." Jadi, penting buat kita sadari bahwa penerapan taktik dan strategi ini juga berlaku dalam dunia blogger.

Namun, itu membutuhkan pemahaman yang tepat dan tentunya ada konsekuensinya jika kita menjalankan salah satu dari dua konsep tersebut.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang kedua teknik SEO ini, mari kita ulas bersama-sama dampak selanjutnya yang akan diperoleh pada kelangsungan blog Anda.

Apa itu Black Hat SEO?

Ini adalah suatu praktik negatif "Curang" yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di halaman mesin telusur dengan melanggar persyaratan dan ketentuan dari Webmaster.

Orang yang terlibat dalam perilaku ini biasanya membangun sebuah web dengan tujuan instan guna mencapai puncak ke search engine di hampir semua kata kunci.

Di katakan di sini, mereka tidak melakukan peembuatan konten hebat dan tanpa memberikan banyak manfaat.

Jika sebelumnya Sobat pernah mencari suatu konten, kemudian menemukan halaman berkualitas rendah yang terlihat seperti spam, maka Sobat telah menjadi korban dari taktik ini.

Contoh dari Black hat SEO

Lihatlah beberapa contoh perilaku negatif dari taktik penerapan yang salah dalam membangun konsep halaman buruk itu.

Penjejalan Kata Kunci

Hal ini merujuk pada artikel dengan pengulangan kata kunci terlalu berlebihan dan seakan dipaksakan.

Sesungguhnya, ia memang membantu dalam urusan menaikkan peringkat halaman dari keyword bertarget tertentu, tapi minim manfaat.

Membuat Kata Kunci tidak Berkaitan dengan Isi Konten

Memasukkan keyword tidak saling terhubung dengan isi artikel adalah tanda merah di mesin telusur, karena itu tidak terlihat alami dan umumnya hanya menargetkan jumlah frase kata.

Memanipulasi Tautan

Ini bisanya berupa link yang di arahkan ke blog Anda melalui berbagai web lain / media sosial "nyepam link" secara prontal untuk mendapatkan banyak sumber backlink termasuk penggunaan backlink generator dan sejenisnya.

Sebenarnya, memiliki banyak backlink itu bagus, tapi tahukah Anda bahwa kesalahan dalam memilih backlink apalagi dengan kualitas rendah dapat berisiko kehilangan peringkat di SERPs.

Pengalihan Tersembunyi

Apa yang dimaksud di sini adalah ketika seseorang mengunjungi halaman Anda, kemudian dia secara otomatis dibawa "Direct" ke halaman lain yang tidak terkait dengan kueri pencariannya.

Misalnya, ia mencari mesin pompa air dan dialihkan ke halaman tentang air mineral. Tentu, ini menjadi pengalaman buruk bagi pengunjung Anda.

Teks atau Link tersembunyi

Menyembunyikan teks atau tautan di artikel dalam upaya mengoptimalkan peringkat penelusuran juga di katakan melanggar pedoman webmaster.

Contohnya berupa: menambahkan teks putih pada latar belakang putih, menyetel ukuran font ke nol, atau mengubah tautan menjadi karakter kecil (Menyematkan link dalam tanda hubung).

Jadi, itulah beberapa konsep dari Black Hat SEO yang benar-benar dapat melanggar ketentuan layanan Search Console, dan pastinya memiliki konsekuensi buruk bagi siapa saja penggunanya.

Apa itu White Hat SEO

Sedangkan ini adalah kebalikan dari Black Hat SEO yang secara umum ia mengacu kepada pedoman (SERPs) di Webmaster. Serta, cara terbaik untuk membuat blog jangka panjang dan berkelanjutan.

Penerapan taktik ini akan selalu menjaga integritas website agar tetap dalam persyaratan layanan Search Console di mana telah didefinisikan oleh Google.

Contoh White Hat SEO

Praktek SEO terbaik yang di sukai oleh Google dan sejumlah webmaster lainnya. Itu meliputi poin-poin berikut ini.

Konten atau Layanan Berkualitas

Konten atau layanan berkualitas adalah Raja yang akan selalu bertahta disinggasananya. Di antaranya, mampu memenuhi kebutuhan pengunjung dan juga dapat memecahkan masalah mereka.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Artikel Sesuai Kontek SEO

Percepatan Page Loading dan Tema Ramah Seluler

Tema mobile friendly lebih di sukai oleh search engine dan pengunjung setia Anda, di bandingkan dengan tidak menggunakannya.

Selain itu, percepatan pemprosesan loading halaman juga dapat mengurangi rasio pentalan dan lebih bersahabat, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali datang ke web Anda.

Penggunaan Kata Kunci Variatif dan Efektif

Jangan berfokus pada satu kata kunci, melainkan buatlah secara relevan dan bervariasi, ini bisa di artikan dalam kontek penerapan frase sinonim.

Backlink Berkualitas

Backlink memiliki peran vital dalam hal menaikan peringkat halaman di SERPs. Akan tetapi, ingatlah bahwa ada tautan baik dan tautan buruk. Jadi, selalu pastikan memilih backlink berkualitas tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Pemula

Pamungkas

Black dan White Hat SEO merupakan taktik dan strategi yang sangat berbeda, tetapi dengan tujuan sama.

keuntungan dalam mengambil pendekatan Black Hat SEO adalah keberhasilan jangka pendek melalui peningkatan trafik secara instan. Namun pada akhirnya, berisiko terkena penalti dan dicekal di halaman pencarian.

Sebaliknya, penggunaan White Hat SEO lebih berfokus pada peningkatan kinerja melalui konten berkualitas jangka panjang. Meskipun, membutuhkan waktu agak lama agar kita bisa melihat hasilnya.