Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Meningkatkan atau Menaikan Domain Authority (DA)

cara meningkatkan domain authority

Domain Authority (DA) adalah salah satu faktor Google dalam menentukan peringkat di halaman hasil mesin penelusuran (SERPs), semakin tinggi nilainya, maka semakin bagus blog kita di mata search engine.

Dengan tingkat persaingan yang tinggi dan Google algoritma yang sering mengalami pembaruan, Otoritas Domain menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi SEO Anda.

Jika, ini adalah faktor kunci dalam peringkat hasil pencarian, lalu bagaimana cara menaikkan DA tersebut?

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk meningkatkan DA itu? Bagaimana pengaruh DA terhadap SEO? dan sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini, sering kita jumpai di forum-forum blogger dan kalau hal tersebut juga terlintas dalam dibenak Anda, maka teruslah mengikuti artikel ini untuk memperoleh jawabannya.

Artikel ini akan menjabarkan secara singkat tentang kiat khusus dan praktis yang dapat Sobat tindaklanjuti untuk menaikan DA dengan cepat.

Selain itu, Tips ini juga akan membantu untuk mendapatkan peluang yang lebih besar dan lebih banyak dari trafik organik ke web Anda. So, inilah dia.

1. Buat dan Pertahankan Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah faktor paling utama dalam hal SEO, dan sudah sepatutnya menjadi jiwa dari seorang pemilik blog.

Artinya, Konten berkualitas mencerminkan apa yang ingin kita sampaikan, mudah dipahami / dimengerti, dan memberikan dorongan kepada pengunjung agar mereka tertarik tentang apa yang kita sajikan.

Dampaknya, akan memberikan kepuasan kepada pembaca dan menunjukkan lebih sedikit orang yang meninggalkan web Anda (Rasio pentalan).

Jika, Sobat tetap mempertahankan kualitas artikel, maka besar kemungkinan pengelola web lain akan menautkan backlink ke blog Anda.

Secara tidak langsung, ini akan membantu meningkatkan skor Domain Authority Anda.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Artikel Sesuai Kontek SEO

2. Perbarui SEO di Halaman Teknis

Apa yang dimaksud disini adalah penerapan masalah teknis tentang SEO on page pada keseluruhan blog Anda, bukan hanya menggunakan tema SEO Friendly.

SEO on page ini berisi struktur situs, URL, meta tag, atribut ALT, keyword, dan juga jumlah kata dalam halaman postingan. Sehingga, search engine dapat menentukan yang terbaik untuk mengidentifikasi struktur secara menyeluruh.

Ditambah, gunakan konsep sinonim untuk keyword atau frase utama, serta tempatkan semua permalink dengan sederhana dan relevan.

Sobat harus selalu menjaga struktur situs dan navigasi yang jelas, mudah dibaca, dan dipahami untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik serta menurunkan rasio pentalan.

3. Tambahkan Internal Link

Internal link berfungsi membangun saluran penghubung antara web dengan mesin penelusuran. Blog yang memiliki tautan internal yang logis dan terorganisir dengan tepat akan lebih mudah di telusuri, dibandingkan yang tidak sama sekali.

Untuk memiliki lebih banyak link internal, Sobat juga harus mempunyai banyak konten. Dengan demikian, Sobat akan memiliki peluang lebih besar di search engine untuk menciptakan pertumbuhan trafik organik.

Catatan: Dalam pembuatan artikel dengan jumlah kata 1000 misalnya, masukkan 2 - 3 internal link, jangan lebih karena itu akan berpotensi spam.

4. Optimalkan kecepatan Page Loading

Kecepatan pemuatan halaman yang optimal dapat membantu menurunkan rasio pentalan, dan faktor yang paling penting untuk meningkatkan nilai DA.

Sementara, sebagian besar pengelola blog gagal memperhatikan dan mempertimbangkan faktor terpenting ini untuk memilih tampilan web mereka.

Terlalu banyak waktu untuk membuka halaman, akan berdampak negatif pada kesan pertama. Itu dapat mengirim sinyal pengalaman pengguna yang buruk, dan pada akhirnya menyebabkan penurunan peringkat hasil pencarian.

Cobalah uji desain blog Anda di Alat Pengujian Ramah Seluler milik Google. Andai, hasilnya buruk, Sobat perlu mengganti ke tema yang lebih optimal, atau kurangi widget yang terlalu berlebihan.

5. Hubungankan Domain Root Anda

Menghubungkan dan menautkan domain root adalah faktor utama yang menentukan bahkan mempengaruhi Domain Authority.

Lebih baik memiliki sedikit backlink dari domain yang berbeda daripada memiliki banyak tautan dari satu domain. Sederhananya, memiliki backlink dari 50 situs berbeda lebih baik daripada memiliki 100 backlink dari satu situs..

Disini, konten berkualitas membuktikan bahwa hubungan domain root dan otoritas situs lainnya bersumber darinya.

6. Promosikan Melalui Situs Lain dan Media Sosial

Tidak ada kesuksesan tanpa ada promosi, ini adalah sebuah langkah cerdas, dan tepat dalam tahap pengembangan ke arah yang lebih maju.

Promosi adalah kebijakan terbaik untuk menghubungkan konten dengan seluruh komunitas blog dan platform lainnya.

Setelah selesai membuat postingan, Sobat dapat langsung membagikannya keseluruh situs terkait dan media sosial.

Lakukan apa pun yang bisa dan seberapa banyak Anda dapat mempromosikannya. Karena, semakin banyaknya backlink yang diperoleh, akan semakin besar peluang meningkatnya otoritas domain.

7. Sediakan Blogging Tamu untuk Mengundang Penulis

Alasan di balik kenapa menyediakan blogging tamu adalah untuk mengambil keuntungan jika ada konten Sobat yang disukai blogger lain, dan ia dapat berbagi konten tersebut ke webnya.

Hal ini akan mendapatkan perhatian ekstra dan jangkauan yang luas jika ada pengguna menemukan konten Anda yang mengesankan.

Blogging tamu adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan lalu lintas tambahan meskipun bukan trafik organik.

8. Hapus Semua Backlink Berkualitas Buruk

Backlink buruk dapat merusak pertumbuhan ekosistem sebuah web, dan menyebabkan dampak negatif pada peningkatan DA.

Selain itu, ia dapat memicu efek spam yang pada akhirnya menurunkan SEO Anda di SERP. Langkah terbaik, luangkan waktu untuk meninjau ulang semua tautan yang mati atau nilai rendah.

Priksa dan analisa link yang mengarah dari atau ke blog Anda. Jika ada yang berkualitas rendah / mati, segera hapus melalui Google Disavow Tool.

Baca Juga: Cara Hapus Backlink Spam via Google Disavow

9. Perbarui Peta Situs Secara Berkala

Terakhir, navigasi sitemap memudahkan search engine untuk merayapi semua konten dan mendorong peningkatan trafik organik di SERs. Bahkan, memungkinkan pengunjung mengkonversi menjadi pembaca setia Anda.

Google merekomenasikan sitemap yang mudah di akses pengguna, serta dapat dinavigasikan dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk selalu diperbaruinya secara teratur.

Ini akan menciptakan banyak peluang bagi konten yang berumur tua untuk mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian. Sehingga, menghadirkan lebih banyak trafik organik dan meningkatkan DA Anda juga.

Putusan Akhir

Dengan memahami semua poin-poin di atas, Sobat dapat menciptakan optimasi SEO dan juga memiliki peluang besar dari peningkatan Domain Authory.

Namun pertanyaannya sekarang, berapa lama waktu yang diperlukan agar nilai DA itu dapat meningkat? Ini tergantung seberapa besar Anda memperaktekkannya.