Cara Daftar Blog di Google dan Bing Webmaster

verifikasi blog di google dan bing webmaster

Search console adalah alat kebutuhan dasar yang siap membantu Anda dalam mengoptimalkan, mendiagnosis dan mendeteksi keberadaan suatu website di search engine.

Sementara, ada banyak alat SEO yang tersedia saat ini, akan tetapi Google Webmaster dan Bing Webmaster Tools adalah yang terbaik, teratas dan paling populer saat ini.

Bagi Kalian yang baru terjun dalam dunia blogging mungkin belum tahu bagaimana caranya memverifikasi blognya di Google dan Bing Webmaster tersebut.

So, artikel ini dapat menjadi panduan Anda untuk melakukannya.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di HP / Laptop untuk Pemula

Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools

Penting untuk memverifikasi web ke Google Search Console, ini membuktikan bahwa Anda benar-benar pemiliknya. Proses ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka "Google Search Console" dan masuk dengan akun google Anda > klik tambahkan properti, lalu masukkan alamat URL > Tekan tombol kirim, setelah itu akan muncul metode yang disarankan.

2. Pilih metode yang ingin Sobat gunakan. Cara mendapatkan kode verifikasi google webmaster ini paling populer dan termudah yaitu dengan menggunakan metode meta tag HTML.

Salin kode yang telah di berikan seperti gambar dibawah ini; letakan di template HTML di antara <head> dan </head> > kemudian klik simpan.

Setelah menempatkan kode di template HTML dan menyimpannya. Segera beralih kembali ke Google Search Console dan tekan tombol verify.

contoh verifikasi google search console

Jika Anda menempatkan kode dengan benar, maka akan mendapatkan pesan Sukses.

Sekarang, blog Sobat sudah terhubung dengan saluran aman GSC. Di sana kamu dapat mengirim dan menerima informasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak hal.

Termasuk mengirimkan peta situs, memastikan pengindeksan halaman, menguji file Robots.txt dan lainnya.

Cara Verifikasi Blog ke Bing Webmaster Tools

Bing webmaster mungkin tidak sepopuler GSC. Tetapi memverifikasi web di bing webmaster juga tidak kalah pentingnya.

Meskipun, kita mungkin tidak terlalu memperhatikan alat ini sebagai search engine utama. Namun, tahukan Anda bahwa mengaitkan web ke Bing juga wajib.

Disamping itu, ia juga menawarkan layanan dan fungsi yang serupa seperti GSC.

1. Langsung aja meluncur ke "Bing Webmaster, kemudian masuk dengan akun bing Anda, kalau belum punya silakan mendaftar dulu, atau bisa juga menggunakan akun Google.

2. Masukkan alamat URL di bidang yang mengatakan tambahkan situs atau "add a site."

Kemudian, pilih mode verifikasi dengan menempatkan kode meta tag ke HTML (Cara ini sama persis seperti pemasangan di Google Webmaster) > letakan kodenya di bawah <head> atau di atas </head> pada HTML Anda:

verifikasi bing webmaster1

2. Setelah menempatkan dan menyimpan kode tersebut, beralihlah kembali ke Bing Webmaster > Tekan tombol verify (Jika berhasil kamu akan mendapatkan pesan seperti ini).

verifikasi bing webmaster2

Nah, kini sobat sudah mendapatkan izin dari Bing untuk melakukan kontrol web, lalu menggunakan fasilitas yang mereka miliki.

Selain itu, dengan terverifikasinya blog Anda di sana, maka secara otomatis juga terindeks di Yahoo search engine.

Baca Juga: Cara Mendaftar DMCA Protect Gratis di Blogger

Kata Akhir

Mendaftarkan diri ke layanan Google dan Bing Webmaster itu sangat penting. Karena dengan begitu, Blog kalian akan terhubung dan terindeks di search engine. Di tambah cepat di temukan oleh orang-orang di internet.

So, sangat mudah bukan menghubungkan situs Anda ke webmaster tools, bahkan hanya butuh beberapa menit untuk melakukannya.

0 Response to "Cara Daftar Blog di Google dan Bing Webmaster"

Post a Comment