Cara Memasang Widget Disqus di Blogger

cara memasang disqus di blogger

Disqus adalah salah satu layanan komentar paling populer saat ini. Ia memiliki desain yang hebat dengan filter spam, mudah dipasang dan digunakan, bahkan dapat menambahkan atribut nofollow otomatis ke tautan komentar.

Nah, jika Sobat mencari sistem komentar pihak ketiga dengan tampilan modern dan elegan yang lebih kekinian, maka ini bisa menjadi alternatif terdepan Anda.

Selain Blogger, dia juga mendukung beberapa platform web populer lainnya seperti WorldPress, Tumblr, Squarespace, dan banyak lagi.

Baca Juga: 2 Cara Menangkal Komentar Spam di Blogger

Apa yang dimaksud dengan Disqus?

Ini adalah widget yang berasal dari kata diskusi, dan kita semua tahu bahwa kata tersebut digunakan ketika suatu kelompok maupun individu memberi ulasan tentang satu topik atau subjek di sebuah forum.

Sementara, layanan ini dibuat dan dikembangkan oleh Disqus. inc, dipergunakan untuk keperluan hosting komentar online sekaligus mendukung banyak jaringan platform.

Sistem ini mencakup berbagai fitur mutakhir, seperti media sosial, profil pengguna, pemberitahuan email, alat spam, moderasi, dan lain sebagainya.

Cara Memasang Disqus di Blogger

Sekarang, sudah paham bukan tentang layanan komentar ini? selanjutnya mari simak panduan singkat langkah demi langkah mengintegrasikannya ke web Anda.

Langkah 1

Pergi ke Disqus > Lalu klik Get Started > Silakan sigup terlebih dahulu buat melakukan pendaftaran menggunakan akun yang kamu miliki (Via Facebook atau Email).

Kemudian, tambahkan nama dan kata sandi > Jangan lupa masukkan alamat URL Sobat dan juga nama ID (Username), Pilih kategori yang sesuai dengan web Anda > klik "Selesai Registrasi" > Setelah itu, klik menu install to my website

disqu1

Langkah 2

Di halaman selanjutnya, Sobat diminta untuk memilh platform apa yang mau digunakan. Di situ ada WordPress, Tumbrl, Squarespace, dan lainnya. Namun, pilih saja Blogger.

disqu2

Langkah 3

Sekarang, klik tombol "Tambah untuk Situs saya", lalu Sobat langsung diarahkan ke halaman baru > Pilih blog > Beri judul widget (Ingat! Jangan membuat perubahan lain).

Berikutnya ketuk "Tambah Widget" (Sebelum menekan tombol add, pastikan Sobat telah login terlebih dahulu).

disqu3

Langkah 4

Anda akan dialihkan ke halaman Tata Letak, di mana Sobat akan meletakan widget baru tersebut (Taruh saja sesuai dengan keinginan Anda).

Sampai tahap ini, proses pemasangan Widget komentar Anda sudah selesai. Tapi, ada beberapa hal kecil lagi yang perlu kamu lakukan agar semuanya dapat dioptimasi dengan sempurna.

Untuk mentranfers semua isi komen default ke sistem baru, Sobat harus melakukan cara seperti berikut:

Langkah 5

Akses kembali ke Disqus > buka halaman moderasi komentar atau URL Anda > klik opsi Discussions dan tab "Import."

Selanjutnya klik Blogger > Import Comments From. Proses pemindahan ini tergantung dari seberapa banyak isi komen yang Sobat miliki.

disqu4

Selamat, kini Web Anda sudah terinstall widget Disqus, dan Sobat dapat memeriksa dan memastikannya dengan melihatnya di bawah halaman postingan.

Informasi: Jika Sobat mau beralih website antar platform, atau mengubah nama domain baru, kamu bisa menggunakan menu Migrasi di menu setelan.

Langkah 6

Caranya cukup mudah, ketuk menu Moderate Comments > Migration Tools.

Langkah 7

Klik Start Domain Migration Tool > Kemudian ikuti petunjuk selanjut.

Jika masih kurang jelas, silahkan kamu klik aja video tutorialnya dibawah ini.



Baca Juga: Cara Membuat dan Optimasi Feedburner di Blogger

Kesimpulan

Ada banyak sistem komentar yang tersedia di Internet saat ini, tetapi sebagian besar para pengelola web lebih memilih Disqus sebagai tampilan widget mereka.

Kenapa begitu? karena ia benar-benar telah mengubah, mensosialisasikan, bahkan meng-outsourcing komentar web ke layanan pihak ketiga secara modern.

Kemudahan moderasi, serta banyaknya fitur optimasi penyesuaian itulah yang membuat ia menjadi paling populer.

So, itulah tutorial tentang bagaimana cara memasang widget Disqus di Blogger. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

0 Response to "Cara Memasang Widget Disqus di Blogger"

Post a Comment